Feeds:
Posts
Comments

12 Weeks

Alhamdulillah..memasuki usia 12 minggu ini Bunda udah mulai jarang banget ngerasa mual or muntah2..Kemarin sih masi muntah2, tapi itu juga karena Bundanya nekat! makan indomie rebus semangkok, hehehe..abis pengeeen..padahal maem banyak belum bisa, eh ini indomie lagi ckckck..Pas makan sih ngerasa nikmaaat banget, pake irisan cabe rawit, pake telor, pake daon bawang..Yang tadinya cuma mo maem setengah mangkok aja jadi keterusan deh semangkok abis :D..ga nyampe stengah jam, udah langsung kluaaarr semuaaa *ups*

Sekedar buat catatan nih, kalo tar Bunda hamil lagi *huwehehehe lagi?*Bunda mo ngreview kemabukan bunda di kehamilan kedua ini..Kayaknya si, mabuk di kehamilan kedua ini lebih parah, tapi mungkin juga karena hamil yang kedua ini Bunda lagi kerja, kalo hamil si Kakak kan Bunda “cuma” kuliah S2, yang ga full kuliahnya, bisa tidur-tiduran di rumah kalo ngerasa mual..tapi karena sekarang kerja, jadi deh Bunda ngerasa mabuk bangeet, palagi di kantor, hikss pokoknya cuman setor muka trus tidur2an deh di mushola..abis dalam sehari bisa berkali-kali munt*hnyaa..duhh cobaan banget deh mau berangkat ngantor tuw 😀

Ohya, Bunda mulai mabuk itu minggu ke -5, dan mulai berkurang mabuknya di minggu ke-12 Alhamdulillah..kan ada tu Bumil yang mabuk sampai Bulan ke 7 bahkan sampai lahiran, duh ga kebayang yaaa..Dan beberapa hal yang buat Bunda bisa mengurangi/ mencegah mual :

  • Baju yang ga ketat, termasuk pakaian dal*am, bahkan Bunda ngelepas kalung karena berasa nekek aja :p. Ini juga termasuk jilbab, Bunda ga bisa pakai jilbab langsungan, lebih enakan pake jilan segiemapt aja yang ga sempit di leher
  • Mengurangi aktivitas setelah makan, terutama naik kendaraan (motor/ mobil).
  • Porsi makan keciil. Ini yang susah
  • Menghindari Makanan yang tidak berbumbu kuat, terlalu asem, pedes
  • Oles minyak aromatherapy di perut, biar anget
Advertisements

Yang kedua…

  • Haid terakhir : 25 Juli 2011
  • HPL : mm kata toolsnya sih 4 Mei 2011, lom ke dokter
  • BB Bunda : 54 kg (Not a good start, indeed):D
  • Usia kehamilan..mm bratis sekitar 7 mingguan kali yah

Walaupun memang direncanakan, tapi sebenarnya kaget juga si pas tau kalo udah positif..alasanya? BB blum turun (haissh), lom sekota jg ama Ayahnya, si kakak jg baru 2,5 taon..Eh kalo masalah kakak si udah gede jg yah..

Menginjak 7 minggu ini, yg paling kerasa ituu morning sicknya hiks..ga beda jauh kyknya ama kakaknya..kena mual muntah jg..palagi yg sekarang jauh dari Ayah Kirana, hikss melownya.. ga ada yg bantuin beli keperluan/ lauk buat Kirana..gda yg nemenin kalo pengen mam macem2..:-( kalo dulu anti banget pergi ke pasar ato supermarket, kalo skr ya terpaksanya si tetep berangkat..tp kyknya ga seanti dl sih ama pasar..Eh tp karena morning sickness ini jg ya, BB Bunda ga naik malah cenderung turun..hyahahaha..tp tetep masuk kok makanan, cuman ga bs banyak aja dan ga bs aneh2..jd dipilih yg bergizi aja..kalo pun muntah ya udah makan lagihh 😀

sama ma kakaknya, yg ini jg ga bs num air putihh..hikss…tp kalo kakaknya bisa tuh air putih anget, yang skr ga bs..trus klo dl kakaknya ga mau ama air jahe, ini malah mau..yg bener2 ga bs masuk, langsung out! : degan (pdhl dl pas hamil kakaknya seneng banget), roti kering, minum kecut2, air madu..duhh smoga ga dehidrasi deh..

Sehari hari di Jogja

Bisa jadi, beberapa bulan lg kami akan meninggalkan jogja..Tapi bisa jadi tetep stay di jogja :-D.

So, mumpung skr masi di jogja, pengen review aja kegiatan sehari-hari di jogja..dan tar kalo ga di jogja bisa dicompare, enakan mana kira2 ..hehehe

Mulai dari bangun pagi ajah :

04.00 WIB : bangun, sholat, nenen kirana..err ktiduran lagi..dll dll..kdg nonton tipi/ dvd korea..nguyel2 kirana

05.30/ 06. 00 WIB : belanja sayuran..haahh siang amat??ya abis gimana tukang sayur langganan juga baru datang jam sgitu hehe..kalo udah belanja hari sebelumnya, ya berarti jam setengah enam itu udah mule masak2..

06.30 – 07.15 WIB : mandiin kirana, ngejus, suapin kirana..trus baru mandi..trus sarapan deh..

07.30 WIB : berangkat ke kantor..pdhl kantor masuk kerja ya jam 07.30 itu :p..20 menit kmudian nyampe kantor..

16.00 WIB : pulang kantor, naek motor 40 km/jam..smbil ngelamun di sepanjang selokan mataram..kadang mampir beli bakpao..ato beli bakso..20 menit kmudian nyampe deh..

16.20 an WIB : nyampe rumah trus mandiin kirana, suapin kirana smbil jalan2..kalo ujan ya nyuapin smbil nonton tipi..sambil kirana maen masak2an..

17.30 – 18.30 WIB: macem2, kadang belanja beras dll, kadang nyuci akuarium/ motor, abis tu mandi ma makan..trus sholat..

18.30 WIB : maen ama kirana, kadang bikin martabak, atau beli jajan..

19.00 WIB : masi maen ama k irana, udah mule ngantuk..

Bunda : “yuk nak maen di tempat tidur aja..kirana maen bunda bobok yaa”

Kirana : ” naek kda bdaa..naek kda bdaaa (naek kuda bundaa)”

Bunda : ” Yayaya..boleh guling boleh bunda yg jadi kuda..silakan..”

20.00 WIB : si ayah nelpon..bla bla..kt ayah” nti aku telpon lg abis jam 9 ya?”

daaan..jarang kesampaian si ayah nelpon bunda masi bangun hehehehe..

Seperti di posting ini, Bunda cerita kalo Kirana lg susah mam alias GTM..Trus Bunda mulai menyusun rencana dan strategi biar Kirana mau maem, antara lain coba menyusun menu bervariasi, bikin cemilan dll. Tapii baru awal2 aja Bunda udah nyerah ya boo..Kenapakah?yaa karena kirana bener2 ga mau makan, dan akhrinya Bunda nyerah masak macem2 tapi bunda beliin aja di luar, dari Bakso tulang muda, sop pak min dll (ya dua ini si andalannya). Dari dua masakan beli di luar ini aja kirana masi susah mam apalagi masakan bunda, begitu pikir bunda..hihihi

Apalagi besokannya, kirana terus terusan bilang “Sakip..Sakip” (sakit.red)..Apanya nak?Ini ?(Bunda tunjuk perut Kirana) Kirana jawab iyah..”Apa ini?” (Bunda tunjuk kaki kirana)..Lagi2 Kirana jawab “Iyah” dan seterusnya Kirana tetep jawab iya pas Bunda tunjuk kepala, tangan, pipi..hihihi

But then, akhirnya ktauan ya Kirana sakit apa, karena abis itu Kirana menc**t tiap kali perutnya diisi, sorenya langsung Bunda periksain ke Dokter, ama Dokter dikasi Lacto-B ama OreZinc. Kata dokter cuman mencr*t biasah, maemnya jg terserah aja semaunya anak. Daaan Alhamdulillaaaah, ternyata disini titik balik (halah) Kirana mau maem! dari ga mau maem sama sekali ke 3-4 kali maem besar, apapun lauknya. Plus cemilan dll. Pernah yah makan pisang ampe 4 biji :-O

Berhubung Kirana lg maem, Bunda dong rajin masak, kan biar ga kenal MSG y nak, jd biar terbiasa makan ga enak, klo tar GTM bunda beliin makan d luar biar trasa enaknya hhehehe (ehh masakan Bunda enak ko, kn Kirana lahap mamnya :-D)

Klo soal susu, gpp deh Bunda ama mba e telatenin nyendokin, yang penting masuk susu yaaaa

 

 

Episode 1 : GTMnya Kirana

Catatan Bunda # 23 Des ’10

  • Udah mule bosan ama pempek
  • Tadi pagi seneng makan tempe goreng
  • sup Jagung jg dilepeh (diblender aja kali yaa)
  • Jangan lupa jus buah, bun
  • Agar2 1 bungkus untuk dua macem puding
  • Roti bakar coklat td mlm malah mau muntah
  • Coba bikin menu dikit2 porsinya (sekali makan)
  • Untuk resep baru, keju dipisah dulu, kalo dicmpur trus ga doyan sayang kalo kebuang buang…

—————————————————————————————

 

Kirana

BB Lahir : 2.6 kg panjang 48 cm

BB 21 Bulan : 9 -10 kg, tinggi kalo ga salah 80 cm ( udah ngukur lupa nyatet hehehe)

Target 11 kg di Ultahnya yang ke -2 ( 26 Maret 2011)..

Rencana

  • (percobaan) Buat 30 macam menu untuk 2 minggu, menu pagi dan sore berbeda
  • Cemilan berupa biskuit, puding, dll ..14 menu cemilan dalam 2 minggu
  • Menu jus buah untuk 1 minggu
  • Temulawak di pagi hari untuk 3 hari berturut2
  • Madu untuk anak, plus vitamin..

Start Program

Senin, 27 Des, sehari setelah Ulbul 21 bulan

Tips dari Bunda2

  • Makan sambil nonton dvd, biar ga seneng..
  • makanan dibikin bento, biar tertarik..

to be continued

Pipis yuk, Naak

Wuaah, Bunda lagi bingung mo blogwalking kemana lagi, jadinya mo apdet blog sendiri aja deh..Ketauan ga pernah diapdet, tiap kali berkunjung ke blog sendiri pasti musti reset password :p. Jangankan reset password, url loginnya wordpress aja Bunda pasti search dulu, hyahaha parah dehh..

Mo crita toilet training Kirana aja aah..

Jadi ceritanya, tanggal 26 November 2010 dini hari Bunda terbangun dan teringat sesuatu, “Astagaaa..hari ini Kirana umur 20 bulan dan Bunda belum nelatenin toilet trainingnya!”*shocked*..Telat banget ga sii..Daaan Bunda putuskan hari itu juga Bunda harus ngajarin Kirana toilet training, HARUS..

Eh sebelumnya cerita-cerita dulu ya toilet training Kirana bulan bulan sebelumnya, yang Bunda sama sekali ga telaten itu..hihihi..

Continue Reading »

Kalo ngajak Kirana pergi…

Kirana udah beberapa kali “travelling”, nanti deh Bunda posting satu-satu. Ke Malaysia umur 6 bulan, ke Prambanan umur 9 bulan, dan terakhir ke Kaliurang umur 10 bulan..Howehehehe yang terakhir2 emang cuman situ-situ aja sih, cuman kayakna perlu Bunda posting tuh crita-critanya, biar Bunda bisa ceritain lagi ke Kirana kalo Kirana udah gedhe nanti :p

Sekarang Bunda bukan mo crita tentang perjalanan Kirana, cuman mo nulis tentang “gembolan” yang harus dibawa kalo ngajak Kirana, huwaa seabreggg..apalaggi kemaren di Kaliurang kita nginep ya..postingan ini biar Bunda inget yg penting buat dibawa dan biar bawaannya lebih “terorganisir” aja si *hihihi ktauan yaa

Baju

Liat2 nih perginya kemana, kalo ke daerah panas, banyakin kaos ama clana pendek..Sebaliknya, pergi ke daerah dingin ya banyakin baju panjang, celana panjang, kaos kaki ama jaket. jangan lupa jg selimut.

Kirana pake Jilbab

Pengalaman Bunda kemaren ke Kaliurang bawa jaket dua biarpun cumman nginep semalem ternyata berguna, soalnya Kirana sempet muntah ke jaketnya :<. Trusss Bunda bangga ama ide Bunda bawa jilbab buat Kirana hehehe, jempol deh buat Bunda, kepake tuh jilbabnya, semaleman Kirana berjilbab..angetttt..:-D

Alat mandi

Standar ya, sabun sampo handuk minyak telon bedak dkk. Ah kayaknya Bund aharus nyetok 1 paket alat mandi khusus buat pergi ya, biar langsung cangking..Ohya, siapin kresek2/ tas plastik buat baju basah or diapers

Alat makan dan makanan

Nahh ini yg perlu diperhatiin ama Bunda, kemaren Bunda udah bawa-bawa kompor listrik ama pancinya..tapi oh tapi pas dinyalain lampu kamar hotel mati alias ga kuwatt..howahaha..Bunda juga udah bawa2 kaldu + wortel tapi ga bisa dimakan juga buat besoknya krna gda kulkasnya. Akhirnya Kirana mam sama bubur beras merah nestle (cuma sarapan aja sih) yang mana Kirana eneg banget ga doyann :-D.

Jadii..kayakna perlu bawa tuh cemilan buat Kirana, trus kalopun ga bisa masak ya pake Quaker yg warna merah kali ya, yg bisa langsung masak pake aer panas (kemaren bawa yg warna biru)

Laen-laen

Hmm apa lagi ya, perlu kali ya maenan buat Kirana..Ksian kemaren yg laen enakan makan Kirana binun mo ngapain, alhasil ngorak arik alat makan di meja rumah makan deh hihihi..Btw kemaren udah bawa stroller tapi ternyata ga kepake hihihi